• Posted by : Ahmad Faishal January 13, 2016

    Artikel ini hanya bersifat saran penggunaan. Setiap pemain memiliki karakteristik yang berbeda dalam cara bermain. 


    Black Prince



    Dalam artikel ini, ane bakal kupas tuntas dari 500 kali perang dengan tank ini. Mulai dari main se-team dengan Tier VII yang teringgi sampai main bareng dengan Tier IX. Ane sih ngga jago2 banget,tapi ane berani maju, jadi ane tau kelemahan tank ini. Baiklah kita mulai dari spesifikasi tank..


    Spesifikasi Black Prince

    Tech Tree Black Prince

    Gambar diatas adalah spesifikasi Black Prince dan Tech Tree-nya. Itu ketika seluruh upgrade telah di pasang. Sekarang kita mulai membahas spesifikasi diatas kertas, istilahnya adu spek dan secara kenyataan dalam lapangan tempur. dimulai dari...

    Hit Point (HP)
    Bergembiralah! untuk Tier VII, Black Prince memiliki HP 1450, termasuk terbanyak ke-2 setelah O-Ni (HP 1550) dari Jepang, posisi ke-3 ada Tiger I (HP 1400) dan Tiger (P) (HP 1350). Secara HP kamu bakal berani maju untuk melawan tank HT Tier VII selain tiga tank diatas. haha Tapi secara kenyataannya walau HP 1450, kamu harus waspada! ukuran tank Black Prince itu panjang ke belakang, maka buat apa HP 1450 tapi daerah tembaknya cukup luas? kamu harus putar otak, terlebih sebelumnya kamu pasti pake Churchill I dan Churchill VII, lalu merasakan bagaimana tank panjang itu susah untuk melindungi ekornya.. Nanti ane bahas..

    Armor Hull dan Armor Turret
    Armor badan (hull) tank ini cukup bagus (depan 152, samping 95, belakang 50). Armor hull depan tank ini bisa menahan tembakan tank yang berpenetrasi rendah-menengah, bahkan beberapa Heavy Tank Tier VI penetrasinya masih dibawah 150 (kecuali O-I, tank ini terlalu OverPower penetrasinya mencapai 219). Armor hull samping kurang, tapi masih bisa bertahan kalau cuma Light Tank. Armor hull belakang benar-benar payah, bahkan Light Tank pun bisa merusak bagian belakang..

     Ini saat ane di kroyok 6 tank, tapi yg berani nembak ane cuma 4 tank


     ini keunggulan armor depan (Hull dan Turret) Black Prince


     Tier VI Jerman masih kewalahan ngelawan Black Prince


     Bahkan O-I Tier VI ngga berani ngeluarin badan dia depan Black Prince


     Ini yang gokil, MT Tier VII ini ngga pernah bisa nembus armor Black Prince.


     IS Tier VII punya damage tinggi, tapi penerasi dia tetep ngga bisa ngelawan Black Prince.


    AT 2 itu kalo ngga salah Tank Destoyer, kalo sampe bisa tahan apalagi mantulin, berati Black Prince emang ngga bisa di ragukan lagi Armornya.

    Armor Turret tank ini benar-benar mantap (depan 240, samping 95, belakang 101), Armor turret depan tank ini benar-benar mantap, ditambah tank ini relatif pendek, kalo kamu sembunyi di gundukan batu dan yang muncul cuma turret kamu, maka mereka hanya seperti menembak batu (tembakan terpantul atau tembakan tidak tergores). Armor turret samping dan belakang membuat tembakan musuh terpantul, tetapi hati2, ada kemungkinan mereka bisa merusak ammo rack bahkan meledakannya.
    Dari pengalaman ane, tank ini pernah ngeblok 1000damage dari 1 tank musuh. dan mereka itu selalu penasaran sama turret ane yang kagak pernah hancur.. dan itu baru 1 tank, masih ada beberapa tank lagi.. kurang lebih sampe 2500++ damage di blok.. bahkan pernah ketika ane di kepung di depan ane, ane cukup mundur trus kasih sinyal SOS. mereka ngga bisa ngancurin depan ane. paling-paling cuma ngerusak track. setelah ane udah sampe daerah aman, temen ane langsung gempur 5 tank yang kepung ane. ane langsung maju lagi. menang deh.. Pengguna Black Prince itu harus tetap tenang walau kondisi kritis sekali pun, kecuali kalo track-nya rusak di saat kamu lagi mau nembak, meriamnya masih kehalang batu/gedung.. tamat sudah riwayat kamu haha..
    Note: Armor depan adalah kebanggaan Black Prince, tetapi musuh biasanya akan mengganti peluru ke tipe HE. Walaupun tidak berdamage, tetapi ada kemungkinan merusak Turret dan atau merusak Meriam. Ini sangat fatal!

    Kekuatan Mesin dan Kecepatan
    Apa pengaruhnya? kalo artikel ini dibaca oleh pemain WoT yg pro, mungkin agak meremehkan Kekuatan Mesin. tapi disini ane bahas sedikit karena kebetulan ane anak mesin. Sudah cukup jelas, kekuatan mesin identik dengan kecepatan kendaraan, disini ngga usah bahas torsi, langsung dianggap kekuatan mesin berbanding lurus dengan kecepatan.. O-Ni Tier VII memiliki kekuatan mesin 1100 h.p dengan kecepatan 25km/h sementara Black Prince Tier VII memiliki kekuatan mesin 600 h.p dengan kecepatan 20km/h. Jika 2 tank ini bertabrakan, siapa yang akan mundur? jelas Black Prince akan mundur + terkena damage impact. inilah salah satu yang sulit bagi tank eropa dengan rata-rata kekuatan mesin sekitar 550 - 750 h.p. terlebih masalah serius bagi Heavy Tank inggris yang kecepatannya sangat lambat.

    Kecepatan Berputar (Manuver rotasi)
    Walaupun tank ini pelan dan lambat, manuver rotasi tank ini lebih baik dari O-Ni tapi masih beda tipiss dengan tank eropa lain. Black Prince memiliki kecepatan berputar 20 deg/sec. artinya kamu masih bisa mengecoh lawan dengan memutar tank kamu ketika perkiraan kamu bahwa mereka akan menembak. Ini juga dapat membantu kamu agar tembakan mereka menjadi memantul dengan feeling perkiraan arah tembakan, tidak 100% sukses.

    Daya Rusak dan Penetrasi Peluru
    Ini disaat ane ngalahin 2 MT Tier VIII, temen ane di jauh dibelakang, sementara MT didepan ane ngebantu pas musuh udah 20% HP. (mau ngambil jatah wkwk.. tapi ane ngga akan ngelepas mangsa ane)

    Inilah bagian terpenting, cukup sedih memang. Tier VII Black Prince memiliki daya rusak peluru 113-188 dan penetrasi peluru 128-214. Daya rusak (damage) yang sekelas Medium Tank tetapi Penetrasi yang cukup tinggi menyamai O-Ni. Memang tembakan tank ini akan selalu terpenetrasi jika tembakan mengarah ke bagian yg flat/rata secara lurus. Bahkan terkadang walau agak sudut, tetapi jika tepat sasaran maka pasti terpenetrasi. Hanya saja, damagenya tidak terasa, dan harus dilakukan tembakan terus-menerus. lalu apa solusinya? harus ada tembakan support dari team, dan kamu cukup tembak track musuh dan pastikan track musuh rusak. maka teman anda akan menghujani tembakan kearah musuh. hal diatas berlaku kalau musuh Tier VII++, bagaimana kalo Tier VI? penjelasan sebelumnya tetang armor, kamu bisa berpesta jika musuh tepat di depan kamu. Bahkan jika ada 2 HT musuh (kecuali O-I), kamu masih bisa beraksi. pengalaman ane dulu bertemu dengan 2 HT (KV-85 dan KV-2) dan 1 MT (lupa), dan ane cuma bareng sama 1 HT (KV kalo ngga salah).. entah kenapa tembakan temen ane ngga pernah penetrasi, kalo ane udah ngerusak segala macem modul musuhnya, dan akhirnya KV temen ane dan 1 KV musuh mati.. ane ditinggal 1HT dan 1MT di depan.. akhirnya 3 tank musuh mati sama ane. dan akhirnya team ane tetep kalah, soalnya kebanyakan mati konyol.
    Gambar Screenshot diatas membuktikan tingginya penetrasi Black Prince yang bahkan bisa tembus bagian depan Turret musuh. karena Map agak berbukit, maka hanya bagian turret yang dapat terlihat. 2 MT musuh ngga pernah bisa penetrasi turret Black Prince, sementara sedikit2 HP mereka berkurang. Mereka bahkan mengalami kerusakan meriam sehingga terasa mereka agak lama saat menembak. Dan pada awalnya ada, tank ane bertemu 3 MT dan ane saat itu cuma sendiri, 1 MT itu ane rusak tracknya dan SPG melenyapkannya dalam 1 kali tembak. sisanya 2 MT ane hadepin sendiri. Triknya itu main Ciluk-Baa (Maju-Mundur), cukup Maju ketika mereka diperkirakan dalam area tembak, lalu mundur. Biarkan mereka merasa kuatnya Turret depanmu dengan membiarkan mereka menembak ketika saat kamu melihat dia, hanya turretnya saja yang muncul. Maka pastinya hanya Turret yang bisa mereka tembak, alhasil tembekan mereka di blok oleh Armor Turret mu!

    Kecepatan Tembakan
    Ini juga salah satu hal penting, karena tank ini termasuk cukup cepat dalam reload. tapi masih kalah cepat dengan Heavy Tank T29 Tier VII dari Amerika. Black Prince memiliki kecepatan tembak 12 peluru/menit sementara T29 memiliki kecepatan tembak 16,67 peluru/menit. Untungnya penetrasi Black Prince lebih tinggi dibanding T29, maka Black Prince lebih diunggulkan jika seluruh tembakan terpenetrasi. Dan reload paling lama di HT Tier VII ditempati O-Ni dengan kecepatan tembak 5,45 peluru/menit, damage dan penetrasi yang tinggi terbayar dengan kecepatan tembak yang lama.

    Kecepatan Turret
    Ini juga termasuk hal yang penting ketika Black Prince dikejar-kejar oleh LT dan MT. Kecepatan Turret berputar milik Black Prince yaitu 30deg/sec. Tapi kenyataannya, 30deg/sec masih terbilang lambat karena LT dan MT umumnya lebih cepat, sehingga Black Prince perlu berotasi juga untuk membantu menambah kecepatan putar.

    Jarak Lihat dan Jarak Sinyal
    Untuk hal ini, kalau kamu ingin menggunakan Black Prince sebagai Sniper. Kamu harus memiliki skill crew yang meningkatkan jarak pandang serta menambahkan attachment yang menambah jarak pandang. Tapi kalo ane, Black Prince ane pake untuk duel bahkan tawuran dengan HT musuh. Sementara jarak sinyal akan membantu kamu mengetahui posisi teman yang jauh dari kamu tapi masih dalam jangkauan jarak sinyal.

    Lalu dari spesifikasi diatas, apa yang sebaiknya dilakukan Black Prince saat perang? ane bagi 2 kondisi.  Pertama, ketika dalam perang, Tier VII adalah Tier tertinggi. Kedua, Tier VII bukan Tier tertinggi diperang.
    Pada kondisi pertama, saat loading, akan muncul list tank team kamu dan musuh. Kamu harus lihat apakah ada SPG (Self-Propelled Gun)? lalu berapa banyak? HT apa yang dimiliki team kamu dan team musuh? dan dimana map pertempurannya? kalo ngga hapal nama map dan bentuk mapnya, kamu bisa lihat saat countdown 30seconds. pada kondisi pertama, bagaimana pun dan apa pun mapnya, kamu jangan camping (menunggu musuh di dekan base team), kamu harus berani ambil resiko, tetapi jangan konyol. misalkan map yang ada dua jalur, kota atau jembatan. di kota daeranya rata sementara di jembatan daerahnya berbukit. kamu bisa bermain petak umpet di kota jika ada beberapa tank team kamu yang support atau dikota kamu bisa tawuran jika ada HT sepeti O-Ni atau IS yang maju, kamu harus ikut. jika kamu ambil jembatan yang banyak bukit di sekitarnya, ini membutuhkan kerjasama team yang baik. karena kamu hanya akan jadi sasaran tembak kalo bergaya maju sendiri. Lalu bagaimana dengan masalah SPG? kalau tidak ada SPG, kamu bisa tawuran dengan musuh atau bermain ciluk-baa dengan musuh. tetapi jika ada SPG, kamu perlu berhati-hati saat head to head dengan musuh. karena musuh akan mengirim sinyal tembakan bantuan, dan posisi kamu akan terancam ketika supporter hanya asik bersembunyi di belakangmu. 

    Lalu apa inti dari omongan bullshit di atas? 
    1. Kamu kuat, tetapi lambat. kurangi Head2Head dengan HT Tier yang sama. 
    2. Jika memiliki teman HT Tier sama, cari celah untuk maju dan ajak teman kamu ikut maju untuk Head2Head. 
    3. Jika kamu tidak memiliki support dan terpaksa Head2Head, di usahakan bagian samping dan belakang kamu tertutupi, lalu cari jalan mundur yang aman. 
    4. Jika kondisi ke-3 tetapi kamu 1vs1 dengan HT Tier VII kecuali O-Ni, kamu bisa tabrakan bagian depan kamu dengan tank musuh, jika bisa mendapatkan posisi samping itu lebih baik, dan usahakan bagian samping-belakang tidak bisa di gapai musuh (lihat arah meriam musuh). 
    5. Jika kondisi ke-4 dan bertemu O-Ni, ini adalah posisi tersulit. Armor depan O-Ni sangat kuat, hampir sulit untuk menembak dari depan, dan biasanya O-Ni akan selalu menyembunyikan bagian samping mereka. Lalu bagaimana? dari pengalaman ane, sejago-jagonya O-Ni, akurasi tembak mereka tidak begitu bagus, dan tembakan mereka pun masih belum bisa menembus turret depan Black Prince. artinya Jika Head2Head dengan tabrakan ke depan, selama bagian belakang Black Prince tidak terjangkau, maka kamu akan aman. tetapi cara ini beresiko, karena ane pernah coba untuk tabrakan langsung, dan sayangnya walau ini hanya untuk mengulur waktu, jika tank bantuan teman yang datang, maka kita selamat. tapi jika tank bantuan musuh yang datang, habislah sudah. Maka hindari kejadian ke-5.
    6. Ketika kamu merasa team kamu mahir dalam mencari posisi, kamu harus improvisasi dan jangan bertindak bodoh. misalkan, HT team mu sedang Head2Head dengan musuh, kamu jangan diam asik melihat. Cari celah yang aman untuk membantu merusak modul musuh.
    7. Pembagian team saat Perang Random, bersifat cukup adil. artinya kalah menang tergantung kerjasama team-mu. kalau kamu mati konyol, berarti itu salah kamu, tapi jika kamu sudah bersusah payah menembus pertahanan musuh, dan teman mu hanya camping, bot, atau melakukan hal yang ngga jelas, artinya kamu bersama newbie.

    Sekarang kondisi kedua, kamu bersama dengan Tier VIII atau dan Tier IX. Tugas kamu adalah tembakan beruntun, maksudnya kamu menjadi supporter perusak modul musuh dan Tier VIII atau dan Tier IX menjadi damager. Disini kamu lebih baik di belakang tank teman. Disini kesempatan selamat dari perang cukup kecil ketika tank musuh mengepung kamu dan team kamu. Kamu memiliki 2 pilihan, berusaha selamat dari perang dan menang atau merelakan tank mu mati demi kemenangan. Kedua pilihan tersebut tidak selalu sukses dan itu semua kembali ke kemampuan team kamu. Dikondisi ini, ane lebih sering bergerombolan dengan HT team. terkadang ane menjadi pendobrak ketika tank musuh lebih sedikit dibanding tank team. tetapi menang kalah tergantung oleh kemampuan team.
    Di kondisi kedua, kamu bisa sendiri ketika kamu punya feel yang bagus di map yang kamu tau triknya. seperti misal di screenshot ane, ketika ane hancurin 2 MT Tier VIII. Map nya ane udah hapal dan tau triknya, misinya kuasai base netral. kalo ane ke base, pasti bakal hujan peluru. maka ane lebih milih serang dari belakang. dan Feel ane bener, musuh rupanya cuma bawa 3 MT. dan di tempat yang ane ambil, cocok banget buat Black Prince yang punya Armor Turret super kuat, makanya Ane cukup aman disitu.

    Kenapa jarang ada pemain yang pake Black Prince?
    Kemungkinan mereka mendapat saran dari orang luar yang dulu pernah pake Black Prince. Ane sendiri punya alasan sendiri kenapa Black Prince itu 'susah'.

    1. Paling awal adalah untuk mendapatkan Black Prince riset sebelumnya adalah Churchill I dan Churchill VII. Keduanya adalah HT yang cukup pelan hingga susah untuk dimainkan di Map bukit bahkan di Kota yang jalannya rata sekali pun.
    Tetapi nyatanya tidak juga, kamu bisa lihat screenshot ini:
    Churchill I

    Screenshot ini bukti kalo Churchill I ngga parah2 amat, dan ini pas ane baru main beberapa hari. dan Crew ane belum 100%, artinya belum punya skill khusus.
    Lain halnya dengan Churchill VII, memang ane akui, lambat, putaran rotasi tank pelan, dan penetrasi beda sedikit sama Churchill I. bahkan persentase menang ane anjlok pas pake Churchill VII. dan bagi ane, yang berat itu pas pake Churchill VII. Tapi jangan ragu, Churchill VII cukup kuat kok armor depannya, apalagi kalo di sudut, tembakan bakal mantul..

    2. "Heavy Tank Inggris itu terkenal dengan 'lambat' dan mudah rusak tracknya. Lambat disini bukan hanya kecepatan, tapi juga Rotasi tank dan Rotasi turret! kalau di banding dengan Tank eropa lainnya, tank ini benar-benar ngga ada apa-apanya!" itu kata orang. dan itu ngga sepenuhnya benar, ketika kamu sampai di Black Prince, awalnya memang seperti itu. perlu adaptasi. tetapi skill Crew akan membantu meningkatkan kemampuan tank. seperti skill yang meningkatkan kemampuan rotasi tank, skill ini benar-benar efektif dan ane akui terasa perbedaannya walau skillnya baru 50%.

    3. Kebanyakan orang ngga sabaran. Tank ini mungkin melatih kesabaran, tidak seperti O-I dan O-Ni yang bisa bertahan digempur depannya dan tembakan yang kritikal. Tank Black Prince ini menang cukup kuat digempur jika bagian depannya saja, hanya saja damage tidak terasa, bahkan jika HT Tier V umumnya punya Hit Points sekitar 550-700, Black Prince kira-kira butuh 5-6 tembakan untuk menghancurkannya. lain halnya dengan O-Ni, sesama Tier VII ini hanya 2-3 tembakan, jika musuh sudah 50% HP, 1 kali tembakan bahkan bisa menghancurkannya.

    4. Biasanya ane ngalamin "Last Survive" dan bisa berakhir "Last Dead" atau menang. ini karena kadang temen ane banyak yang NOOB! entah apa yang bikin mereka mati duluan. Lagi-lagi masalah armor, Black Prince Armornya cukup bagus. karena itu walau kamu maju, yang di belakang malah mati duluan. ketika yang dibelakang lenyap, Tank ini cuma jadi bahan tembakan musuh. Ditabrak, ditahan, dan ditembakin. karena mobilitasnya yang buruk itu, kalau mundur ada resiko track rusak malah ngga bisa gerak, kalau maju ada kemungkinan ditabrak lalu ditahan dan ditembaki. dan kalo mau teknik main rotasi tank dan rotasi turret, kemampuan tank sendiri ngga mendukung. serba salah..

    Itulah beberapa penyebab dan beberapa alesan ane kenapa Black Prince itu 'susah'..tapi jangan takut, spek tank ini ngga bikin kamu kecewa, IS Tier VII masih belum sebanding dengan Black Prince kok! damage IS besar, tapi pecuma kalo nembak Turret Black Prince. sementara Black Prince punya persentase tinggi kalo nembak apapun bagian depan IS, walaupun ngga 100%.





    { 16 komentar... read them below or Comment }

    1. Hi. Aku pemain world of tanks juga. Sebenarnya yang membuat BP itu susah ialah saat berada di tier V nya. Riset pas di tier V itu bagai iblis. Banyak banget๐Ÿ˜‚. Tapi gpp, aku juga udah punya caernavon (namanya kalau gak salah) tier VIII. Jadi aku tau bagaimana cara mengendalikan BP. Thanks ya atas cara mainnya (aku ngakak sendiri)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya gan, sama-sama.. aku udah jarang sih main, HT inggris aku sekarang tinggal Conqueror Tier IX, maknyus banget ini tank.. walau kalo terakhir aku main, tank dari negara lain banyak perubahan, cuma tank inggris doang yang masih "sama" seperti dulu wkwk..

        Delete
      2. Tank inggris bagai dewa tidak tergantikan, tapi sekarang udah di ganti ganti tier 10 nya. Kangen aku sama wot dulu

        Delete
      3. kemaren ane baru pasang lagi WoT, dan yap FV215b udah ganti sama S. Conqueror.. padahal alesan ane ambil HT Inggris tuh karena FV215b nya itu..

        Delete
    2. tips dong cara mudah hancurin heavy tank

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tergantung dari apa Heavy Tank-nya gan.. tapi umumnya kalo dari depan emang agak susah, biasanya sih di bagian bawahnya (bottom plate) yg paling ampuh.. kalo turret depan, cuma beberapa spot doang..

        kalo dari samping, asalkan tembakannya kena samping yg flat/datar, trus sudut tembakan lebih dari 65 derajat, hampir pasti jebol, kecuali SUPER HT (Maus,E100, Jerman HT, Japan HT) soalnya tebel banget.
        Yang paling penting sih sabar gan kalo berhadapan ama HT, kalo mereka (HT) nge-rush (maju rusuh) biasanya tuh HT di Cover sama belakangnya (Tank Destroyer, Medium Tank), jadi mendingan mundur dulu cari aman dulu aja..
        Kalo mereka (HT) ngga berani maju, ditahan aja gan, trus main timing. jadi rata2 HT yg bukan auto-reload itu butuh sekitar 5-6 detik paling cepet buat reload, trus mereka biasanya abis nembak lalu mundur.. jadi saat mereka nembak, usahain jangan sampe kena badan / track kita, nah trus langsung kita buru2 responsif tembah balik (soalnya mereka butuh waktu untuk mundur (inget, HT itu lambat tapi ngga semua sih, yg masih agak kenceng tuh IS, AMX HT, Kravagn/Emil)..

        Delete
    3. gue bingung! cara ngalahin tank o i gimana sih? setiap kali gue ngasih damage ketahan armor terus

      ReplyDelete
      Replies
      1. OI dan Tank Super Heavy Jepang itu weaknya di badan samping asalkan di tembak tegak lurus. kalo bagian depan itu weaknya di depan bagian bawah. Kalau lawan OI, itu ada 2 cara.. pertama main sabar, sisakan OI diterakhir karena OI selain lambat juga reloadnya lama. mereka ngga bisa main sendirian. kedua agak nekat, kalo punya tank yg agak ngacir kyk cromwell, itu bisa di samperin trus di pepet aja (bukan di tabrak!), kalo udah posisi disampingnya tinggal ikutin irama gerakan OI sambil tembakin. soalnya OI itu ngga bisa nembak kalo tank kecil mepet dia. makanya kadang mereka lebih milih nabrakin tank lawan kalo dipepetin.

        Delete
      2. seperti yg disebutkan oleh Anonim, OI, Oni, Oho, Type 4 Heavy, dan Type 5 Heavy adalah tank tebel. sebetulnya ada banyak cara sih, misalkan kita tembak di bagian "FLAT" hull nya terutama yg bagian weakspot pasti bakal tembus atau di dempet bagian sampingnya, dan manfaatin kelambatan dia bergerak untuk nerobos. tapi cara-cara itu bergantung terhadap kondisi sih..
        Semoga membantu :D

        Delete
    4. World of tank berapa gigaan sih..?
      Ane download udah 34Gbtan lebih....
      Mau2 40Gb..... Tolong dijelaskan?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalo yg versi SD kyknya sih ngga sampe 30gb, kalo HD mungkin bisa jadi lebih dari 30gb.. kalo mau yg lebih kecil, pas lagi install, pilih opsi yg SD aja. secara gameplay sih ngga ada bedanya, tapi kalo secara quality jelas HD paling mantap! wkwk
        semoga membantu :D

        Delete
    5. Thanks bang faishal.... selama 4 bulan ane udah punya BlackPrince. Emang sih agak susah dan butuh kesabaran yang luar biasa. Awal main gua milih tank amerika, baru sampe m3 sherman. Dan baru samoe situ ane udah ngerasa ngga cocok sama tank amerika. Nah Setelah ane baca artikel ini ane tertarik buat nyoba ganti ke tank inggris dan ternyata bagus. Itu udah lama bgt 4 bulanan mulai dari medium 1, medium 2, vickers medium 3, matilda, churchill (btw ini yg paling susah, suer dah), churchill VII,dan pada akhir nya ane punya BlackPrince. Ane seneng bgt pas pertama kali dapet BlackPrince tapi pas pertama kali nyoba tank nya.... ane langsung di pertemuin sama tier 9. Kan wassallam :v. Tapi gapapa. Dan udh ane buktiin jg kalo armor turret depan black bener bener mantap.. saking mantap nya, ane peranah ngedapetin 6430 damage blocked!! Sungguh luar biasa.. waktu itu ane di hadang sama 2 HT yg di atas tier ane.. ente tau AlphineTiger sama IS 3? Itu adalah HT yg ane hadang dan ane lawan sendirian yg dibantu oleh 1 SPG dari jarak jauh. Dan bagian menjengkel kan nya pas darah mereka udh sekarat gara gara ane sama SPG. Kerja keras ane di sampahin sama O Ni yg baru muncul karena AFK sebentar. Hdhhh.. tapi menang. Dan itu menurut ane keren bgt. Udh kebukti BlackPrince Keren! Makasih atas semua artikel mu bang!

      ReplyDelete
      Replies
      1. *maaf baru bales gan Nicky..

        Mantap gan! Udah sampe tank apa nih? Kebetulan gw udah sampe Super Conqueror, rasanya makin harus bersabar untuk mainin nih tank wkwkwk

        Kapan2 kita main bareng deh wkwkwk

        Delete
    6. Gan kalo pake hp kok sering jaringan error ya, padahal signal wifi bagus.untuk game lain oke. Ni baru jalan belum ada 2mnit jaringan error gitu trus. Mohon bantuanya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah maaf gan, sepertinya kalo versi HP itu yg Blitz ya? Saya ngga main yg itu sih..

        Delete

  • Copyright © 2015 - Nisekoi - All Right Reserved

    Re-Uploader [TEAM] Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan